Warisan Budaya Suku-suku Primitif di Papua

Suku-suku  primitif yang berada di Papua membawa segudang warisan dan mengalami kemajuan dalam era peradaban sejak merdeka sejak tahun 60-an. Pada tahun 2002, bertepatan dengan memanasnya situasi politik di Papua, suku-suku  primitif  yang ada di papua  melakukan pameran lukisan tentang warisan budaya  yang mereka miliki sejak nenek moyang ketika itu.

Warisan Budaya  menggambarkan keindahan dan keaslian orang-orang Papua maupun  suku-suku terasing  lengkap dengan baju-bajunya yang khas, upacara adatnya yang asli, dan orang-orangnya yang eksotis. Papua digambarkan sebagai orang-orang yang hidup di luar peradaban modern dengan cara hidup berburu, di antara hutan-hutan dan padang belantara yang menampakkan keaslian panorama yang indah.

Di sini manusia-manusia papua menjadi alami dalam bentuk tubuh, warna kulit, bentuk rambut dan lain-lain. Dengan Rezim representasi seperti ini selalu mereduksi kebudayaan orang Papua sebagai alami. Suku-suku lokal mencoba mengorganisir diri dan melakukan perlawanan diam-diam dengan mengangkat senjata.

Pulau yang terletak di bagian paling timur Indonesia dan dihuni oleh puluhan sub suku dengan 300 bahasa yang dipergunakan, hampir tidak pernah masuk sebagai  sesuatu yang penting. karena itu setidaknya warisan budaya suku-suku di papua sangatlah penting, agar supaya keanekaragaman suku adat-istiadat papua mempunyai nilai dan warisan budaya yang tidak akan pernah punah di telan oleh waktu atau peradaban sekalipun.