Situs Muaro Jambi Warisan Purbakala Dunia

http://www.arytasman.comSitus ke Purbakalaan Muaro Jambi merupakan situs peninggalan Purbakala terluas di Indonesia, membentang dari barat ke timur sepanjang 7,5 km di tepian Sungai Batanghari, dengan luas ± 12 km2.

Peninggalan ini terbentang dari Desa Muaro Jambi dan Desa Danau Lamo di bagian Barat hingga Desa Kemingking Dalam, Kecamatan Muaro Sebo di bagian Timur, Kabupaten Muaro Jambi.

Candi Muara Jambi memiliki kelebihan dibandingkan Candi-Candi yang lain. Terdapat 8 buah Candi dalam berbagai bentuk dan ukuran antara lain: Candi Gumpung, Tinggi, Kembar, Batu, Gedong, Kedaton, Koto Mahligai, Astano, Sialang, Candi Teluk serta puluhan Candi lainnya yang belum dipugar.

Di kawasan ini juga dijumpai Kanal-Kanal yang mengelilingi kawasan percandian serta Sungai Melayu yang terkoneksi ke Sungai Batanghari.

Dari Kota Jambi Situs Purbakala ini dapat dicapai melalui Jalur Darat sekitar 30 menit ke arah Timur Kota menuju Pelabuhan Talang Duku, kemudian dilanjutkan dengan Jalur Sungai menyebrangi Sungai Batanghari ke Desa Muaro Jambi.

Atau dapat pula dicapai melalui Perjalanan Darat langsung ke dekat Situs melalui jalur memutar ke arah Barat Kota, menyebrangi Jembatan Aur Duri, kemudian dilanjutkan lewat Desa Jambi Kecil kearah situs, dengan perkiraan jarak dari Pusat Kota ± 40km.

Pilihan lain adalah dengan menyewa Perahu Ketek atau Sebeng (Speed Boot) yang dapat dijumpai di pinggiran Sungai Batanghari di Tengah Kota, untuk kemudian menyusuri Sungai Batanghari sambil menikmati pemandangan sepanjang Aliran Sungai menuju Situs Candi.