Kekayaan Budaya Suku Dani di Papua


Suku Dani adalah salah satu suku bangsa yang terdapat di Wamena, Papua, Indonesia.Membentang di antara lekukan-lekukan Pegunungan Tengah Jayawijaya Di lembah inilah, masyarakat Suku Dani hidup harmonis dan menyatu dalam pelukan pegunungan yang mengelilingnya serta alam Papua yang indah menawan.

Kekayaannya yang  mengkhususkan diri untuk menyajikan produk-produk seni dan budayanya.Selain tari perang, budayanya pun   menawarkan 6 acara penting lain yang hampir selalu digelar. Salah satunya adalah pertunjukan Pikon atau musik tradisional yang digelar untuk menghibur seluruh pengunjung. Sedangkan bagi para pemuda, perang suku dianggap sebagai ajang mencari jati diri untuk menjadi manusia sejati, ulet dan bermartabat demi kemajuan wilayahnya, baik sekarang dan masa depan.

Artinya, bila tak ada perang maka jangan harap panen dan ternak babi akan berhasil dan sehat. Kalau sudah begini, mereka pun harus bersiap diri untuk menghadapi musim paceklik. Yang jadi kebanggaan budaya suka Dani yaitu terdapatnya Lembah Baliem yang menjadi tempat penyelenggaraan festival budaya tahunan terbesar di tanah Papua ini. Lembah sepanjang 80 km dan lebar 20 km ini masuk dalam peta dunia, yang menyebutkan bahwa terdapat sekelompok suku-suku primitif yang hidup di lembah ini. Selain sebagai ‘rumah’, Lembah Baliem kerap menjadi arena perang oleh suku-suku yang bertikai dan menjadi arena pembantaian mereka yang berperang demi kejayaan suku yang dibanggakannya.

Leave a Reply

Kategori Kekayaan Budaya :: Kata Kunci: , , , , , ,tari pergaulan suku danitari pergaulan suku dani papua, 0 Komentar