Khasiat Tulang Kasuari

Siapa lagi yang tidak kenal dengan kasuari? Salah satu dari banyaknya jenis burung, kasuari merupakan salah satu burung yang dilindngi oleh negara kita. Walaupun dikatakan burung, namun kasuari dengan memiliki bentuk tubuh yang besar, kasuari juga tidak bisa terbang. Burung kasuari sudah mejadi fauna identitas provinsi Papua Barat.

khasiat-tulang-kasuariApakah Anda tahu jika burung kasuari juga memiliki tiga spesies, apa saja itu? Yaitu Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus), Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius), dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti).

Walaupun kasuari dengan keindahan warna bulunya, namun burung yang satu ini jangan dianggap remeh sebab Kasuari mempunyai sifat yang agresif dan cenderung galak jika diganggu. Burung bergrnus Casuarius ini sangat galak dan pemarah dan tidak segan-segan mengejar ‘korban’ atau para pengganggunya. Karenanya di kebun binatangpun, Kasuari tidak dibiarkan berkeliaran bebas. Bahkan konon, The Guinnes Book of Records memasukkan burung Kasuari sebagai burung paling berbahaya di dunia. Meski untuk rekor ini kami belum dapat melakukan verifikasi ke situs The Guinness Book of Records.

Kasuari merupakan burung endemik yang hanya hidup di pulau Papua dan sekitarnya, kecuali Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) yang dapat juga ditemukan di benua Australia bagian timur laut. Dalam bahasa Inggris, Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) disebut (Southern Cassowary), Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus) disebut (Northern Cassowary) dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti) disebut sebagai (Dwarf Cassowary).

Walaupun burung kasuari merupakan burung yang dilindungi oleh negara, namun tidak sedikit orang yang memburunya hanya sekedar untuk kepentingan pribadi. Salah satunya yaitu tulang burung kasuari yang dijadikan belatih untuk sebagian orang dan inilah yang menjadi salah satu senjata yang dimiliki oleh orang Suku Papua

Senjata ini dibuat dari tulang burung Kasuari dan bulunya, yang disematkan di bagian atas pisau. Senjata ini merupakan pelengkap dari busur dan panah khas Papua. Busur tradisional Papua terbuat dari bambu atau kayu, sementara talinya dibuat dengan menggunakan rotan.

Sedangkan mata panah dibuat dengan menggunakan bambu, kayu, atau tulang Kanguru. Suku-suku tradisional Papua biasanya menggunakan senjata ini untuk berburu dan perang. Selain itu Konon, mernurut kebanyakan orang yang mengatakan jika tulang paha kasuari beracun.

Demikian info yang kami berikan semoga bermanfaat. Jika Anda menemukan khasiat lainnya dari tulang burung kasuari jangan lupa membaginya pada kolom komentar.