Riwayat Datu Galung Bati Bati

Bati-bati merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kalimantan Selatan. Kecamatan ini pernah dibuat heboh oleh kemunculan seorang pria paruh baya dengan memiliki keunikan rambut yang panjangnya kurang lebih 2,5 meter.

riwayat-datu-galung-bati-batiSetelah dicari informasih tentang pria yang berambut 2,5 meter ini ditemukan informasi jika nama pria ini yaitu Kakek Galung alias Kakek Sanggul. Kedatangannya sontak menghebohkan warga sekitar. Banyak warga menganggap lelaki ini sakti dan memiliki kekuatan supranatural.

Kakeh Galung sebenarnya adalah warga Desa Ujung Baru, Bati-Bati, yang mengasingkan diri di hutan selama 25 tahun. Tidak heran jika rambut Kakek Galung bisa mencapai sepanjang itu. Sejak kembali ke desa, Kakek Galung selalu menyanggul rambutnya. Dia tampak enggan membuka rambut di hadapan warga yang penasaran. Keunikan lainnya, lelaki ini sanggup tak makan dan minum hingga dua bulan.

Lamri Ramli, kakak Kakek Galung menjelaskan, adiknya mengasingkan diri setelah dianiaya sejumlah orang tanpa sebab. Sejak saat itu, Kakek Galung memutuskan tinggal di sebuah gubuk di tengah hutan dan meninggalkan anak serta istrinya. Warga menganggap Kakek Galung tidak waras.

Kakek Galung kembali ke desa setelah puluhan pemuka agama setempat mendatangi gubuk pengasingan dia. Pengasingannya kian terusik ketika banyak warga juga berdatangan meminta air yang telah didoakan Kakek Galung. Kini, Kakek Galung terkesan pendiam dan dingin karena sejak lama tidak berkomunikasi.