Melestarikan dan Mengembangkan Nilai Budaya

Mengembangkan Nilai BudayaDalam  konteks melestarikan dan mengembangkan budaya dapat bermakna sebagai suatu komunitas yang memiliki kemampuan mengelola jasmani dan rohani yang seimbang untuk melangsungkan hubungan manusia dengan alam, sosial dan Tuhan. Dan akhirnya dapat tersosialisasikannya dasar, konsep dan identifikasi  pembentukan desa budaya bagi masyarakat. Oleh sebab itu pelestarian itu sendiri harus memiliki tiga unsur sekaligus, yaitu adanya unsur perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan budaya itu sendiri.

Budaya adalah sebuah pondasi pemikiran, jika pondasi tersebut kuat dan kokoh, maka dengan sendirinya kita memproteksi diri dari kemungkinan-kemungkinan penjajahan intelektualitas. Karena, pada dasarnya budaya mempunyai sisi fleksibeitas namun ketat yang membuatnya mampu berkembang tanpa merusak tatanan yang esensial di dalamnya. Untuk mengetahui itu, maka perlulah ada pembelajaran terhadap budaya sendiri. Oleh karena itu, budaya jangan hanya dilestarikan, akan tetapi digunakan dan dikembangkan.

Dalam melestarikan ini perlu dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak pemangku kepentingan, yaitu yang berkaitan dengan budaya itu sendiri. Misalnya dengan instansi terkait, akademisi, peneliti, dunia usaha, organisasi sosial kemasyarakata. Dan itu sangat belum terlambat untuk membenahinya  dari sekarang. artinya kita juga sudah berpikir menjual jasa, yaitu salah satu sektor yang akan dikembangkan dalam fase ekonomi kreatif.