Irian Jaya Adalah Tempat Penting di Dunia

http://www.arytasman.comTaman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem yang lengkap untuk keanekaragaman hayati baik di Asia Tenggara maupun Pasifik.

Kawasan ini juga merupakan salah satu di antara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis.

Membentang dari puncak gunung yang diselimuti salju (5.030 m dpl), hingga memujur ke bawah pada Hutan Bakau dan menepi di di Laut Arafura.

Dalam bentangan ini terdapat spektrum ekologis yang menakjubkan di kawasan vegetasi alpin, sub alpin, montana, sub montana, dataran rendah dan lahan basah.

Selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, juga terdapat beberapa kekhasan dan keunikan seperti adanya gletsyer di Puncak Jaya dan terdapat sungai yang menghilang beberapa kilometer kedalam tanah di Lembah Balliem.

Sebanyak 34 tipe vegetasi yang menyusun hutan di Tamana Nasional Lorentz antara lain hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput, dan lumut kerak.

Jenis-jenis tumbuhan yang ada seperti nipah (Nypa Fructicans), bakau (Rhizophora aviculata), Pandanus julianettii, Colocasia esculenta, Avicennia marina, Podocarpus pilgeri, Nauclea coadunate, dan lain-lain.

Sekitar 630 jenis burung (“70% dari burung yang ada di Irian Jaya), 123 jenis mamalia dan berbagai jenis satwa lainnya terdapat di taman Nasional ini.

Jenis burung tersebut antara lain 2 jenis kasuari, 4 megapoda, 31 jenis dara dan merpati, 30 jenis kakatua, 13 jenis burung udang, 29 jenis burung madu, dan 20 jenis burung endemik (ini juga tidak terdapat didunia) termasuk burung puyuh salju (Anurophasis monorthonyx), cendrawasih ekor panjang (Paradigalla caruneulata).

Sedangkan dari 123 jenis mamalia tersebut termasud di antaranya babi duri moncong pendek (Tachyglossules acuatus), babo duri moncog panjang (Zaglossus bruijni), 4 jenis kuskus, wallaby, kucing hutan dan juga kangguru pohon.

Taman Nasional Lorentz mendapat dukungan Internasional, karena ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Alam Dunia dan ditetapkan oleh negara-negara ASEAN dengan biodiversitas yang sangat tinggi, melebihi brasil dan kolombia. maka, dapat disimpulkan bahwa dari sudut pandnag biologi, Irian Jaya adalah tempat terpenting di dunia.