Candi Muara Takus Warisan Budha Nusantara

http://www.arytasman.comKompleks Candi ini terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Kota Kampar atau jaraknya kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Jarak antara Kompleks Candi ini dengan pusat Desa Muara Takus sekitar 2,5 kilometer tak jauh dari pinggir Sungai Kampar Kanan. Kompleks Candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter.

Diluar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampai kepinggir Sunggai Kampar Kanan.

Di dalam kompleks ini terdapat pula bangunan Candi Tua, Candi Bungsu dan Candi Mahligai Stupa serta Palangka. Menurut sumber setempat, Batu Bata untuk bangunan ini dibuat di Desa Pongkai, sebuah Desa yang terletak di sebelah hilir Kompleks Candi.

Bekas galian tanah untuk Batu Bata itu saat ini dianggap sebagai tempat yang sangat dihormati penduduk. Didalam Kompleks Candi ini ditemukan pula gundukan yang diperkirakan sebagai tempat pembakaran Tulang Manusia.

Candi yang bersifat Budhistis ini merupakan bukti Agama Budha berkembang dikawasan ini beberapa abad yang silam. Para pakar Purbakala belum dapat menentukan secara pasti kapan Candi ini didirikan. Ada yang mengatakan abad kesebelas, ada yang mengatakan abad keempat, abad ketujuh, abad kesembilan dan sebagainya.