Tantangan Pegunungan Puncak Sukarno di Papua

tantangan puncak sukarnoTantangan pegunungan yang terdapat di jajaran wilayah papua sangat relatif menantang, yang di sebabkan banyaknya salju yang menutupi daerah sekitar. Tetapi tidak menyurutkan semangat para pendaki, walaupun harus  bergelut dengan dinginnya salju pegunungan. Salah satunya adalah Puncak Sukarno.

Pendaki Gunung yang pertama kali berhasil mencapai puncak  ini  adalah tim ekspedisi di bawah pimpinan Heinrich Harrer pada tahun 1962. Padahal, sudah banyak pendaki lain yang berusaha mencapai puncak, seperti tim Selandia Baru yang gagal mencapai puncak karena keterlambatan logistik lewat jembatan udara. Ekspedisi yang dilakukan setahun sebelum ekspedisi Heinrich Harrer itu berhasil menemukan jalan dari udara, lewat sebuah celah yang kemudaian dinamakan New Zealand Pass. Jauh sebelumnya, banyak pendaki yang gagal atau tewas dalam usaha mencapai puncak.

Pada tahun 1963 seorang pendaki menelusuri dan melihat pegunungan sangat tinggi  ini, yang sebagian tertutup salju dan melakukan ekspedisi.  Salju itu sangat dekat dengan katulistiwa. Awalnya, orang Eropa tidak mempercayai laporan tersebut. Seperti tim Selandia Baru yang gagal mencapai puncak karena keterlambatan logistik lewat jembatan udara.

Untuk mendaki gunung tertinggi ini, Anda harus mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, termasuk memilih iklim yang pas.