Sungai Terpanjang Di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Anda sudah tahu pastinya jika sungai yang terpanjang di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yaitu sungai Alas selain itu ada beberapa anak sungai yaitu Sungai Cunda, Krueng Aceh, Sungai Alas, Sungai Batee Iliek. Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Banda Aceh. Jumlah penduduk provinsi ini sekitar 4.500.000 jiwa.

sungai-terpanjang-di-provinsi-nanggroe-aceh-darussalamLetaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

Seperti yang Anda tahu, Sungai Alas adalah sungai yang terletak di Provinsi Aceh, dan merupakan sungai terpanjang di Provinsi Serambi Mekkah ini, sungai ini melewati kawasan taman nasional Gunung Lauser, terus mengalir sampai ke Samudera Hindia, sungai ini berada di sepanjang Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Gayo Lues dan Kabupaten Aceh Selatan, asal nama Sungai ini berasal dari Suku Alas (Suku asli yang mendiami Kabupaten Aceh Tenggara), di karenakan sungai ini melintasi seluruh tanah di Masyarakat Alas, masyarakat setempat menamainya dengan Lawe Alas sungai ini memiliki arus yang luar biasa menarik perhatian penggemar arung jeram dari seluruh dunia.

Salah satu keunggulan Sungai Alas adalah dikelilingi hutan yang masih asri di Taman Nasional Gunung Leuser.Terletak di 165 km tenggara Takengon, Sungai Alas mengalir membelah Taman Nasional Gunung Leuser. Daerah ini sangat populer di kalangan anak muda Kabupaten Aceh Tenggara maupun Kabupaten Gayo Lues.

Apabila Anda melakukan pengarungan lebih dari satu hari, maka bisa beristirahat dan tidur di tenda-tenda di tepi sungai Alas sambil membakar ikan. Jika Anda memilih menginap sembari merasakan suasana hutan yang asri maka dapat pula bermalam di penginapan pinggir hutan dekat sungai, tepatnya 15 kilometer arah barat dari Blankenjeren, kabupaten Gayo Lues.

Di sini tidak banyak penjual barang maupun makanan. Pilihan lebih lengkap tentunya Anda perlu menuju Kutacane. Sungai Alas seakan satu paket petualangan dengan Taman Nasional Gunung Leuser, jadi jangan lewatkan ditemani pemandu setempat untuk menjelajah berkeliling hutannya yang masih asri.