Stasiun Pengamat Bintang Bosscha

http://www.arytasman.comObservatorium Bosscha

Bangunan ini dinamakan Observatorium Bosscha untuk menghormati sang penggagas yang juga menyandang dana pembangunannya, yaitu Karel Albert Rudolf Bosscha.

Beliau seorang Pengusaha Perkebunan Teh di Malabar yang sangat mencintai Ilmu Pengetahuan, terutama Astronomi. Dengan uangnya, Bosscha membiayai pembelian Teropong yang saat itu sama modernnya dengan Teropong-Teropong lain di luar Hindia Belanda.

Berdiri diatas tanah seluas 6 ha dan berada pada ketinggian 1.310 meter diatas Permukaan Laut, Observatorium Bosscha dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda pada 1923-1928.

Stasiun Pengamat Bintang itu berada diatas tanah bekas Perkebunan teh Malabar milik Karel Alfred Rudolf Bosscha. Bosscha pula lah donatur utama pembangunan Peneropong Bintang tersebut.

Dimalam hari, anda juga bisa melakukan aktifitas Meneropong Benda-Benda Langit. Selain digunakan untuk Penelitian serta Pengembangan Keilmuan Astronomi, Observatorium Bosscha juga digunakan sebagai Sarana Pendidikan Publik di Bidang Astronomi. Memasuki usianya yang ke 81, pada tahun 2009 Bosscha ikut berpesta merayakan tahun Astronomi Internasional.

Catatan

1. Baru pada tahun 1928, Bangunan Beratap Kubah yang dirancang Arsitek KCPW Schoemaker ini resmi berdiri

2. Observatorium Bosscha dikelola Departemen Astronomi ITB

3. Observatorium Bosscha juga digunakan sebagai Sarana Pendidikan Publik Dibidang Astronomi.