Potensi Wisata Provinsi Riau


http://www.arytasman.comSuku-Suku Bangsa dan Rumah Adat

Suku-Suku yang mendiami Provinsi Riau diantaranya Sakai, Akit, Talang Mamak, Laut, Bonai, Anak Dalam, Petalangan, Rawa, dan Melayu Riau.

Rumah Adat Masyarakat Riau disebut juga Rumah Adat Melayu Riau. Bangunan Tradisional ini merupakan Rumah Panggung berbentuk Persegi Panjang.

Tari Khas Masyarakat Riau

Tari Joget Lambak

Tarian yang dikenal sejak abad ke-17 ini, ditampilkan dengan Iringan Musik dan Lagu. Alat Musik yang mengiringi adalah Gong, Biola dan Gendang (Tambur).

Jumlah penarinya antara 4-8 orang, dengan tiga orang Pemain Musik dan Seorang Penyanyi. Tarian ini ditampilkan dalam acara Perkawinan, Khitanan, atau Peringatan Hari Besar Nasional dan Keagamaan.

Keindahan Alam di Riau

Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Kawasan ini berperan penting sebagai tempat hidup beberapa Suku Asli Riau, seperti Talang Mamak. Juga merupakan Sumber Tangkapan Air yang menunjang Kehidupan Masyarakat.

Jenis Hewan yang dapat ditemui di disini antara lain: Tapir (Tapirus Indicus), Beruang Madu (Helarctos Malayanus), Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumaterae), Ungko (Hylobates Agilis), Kuau (Argusianus Argus) dan Sempidan Biru (Lophura Ignita).

Sementara itu, tumbuhan endemik yang hidup dikawasan ini salah satunya adalah Cendawan Muka Rimau atau Rafflesia Merah Putih (Rafflesia Haseltii).

Air Terjun Aek Martua

Air Terjun ini terletak di Kabupaten Rokan Hulu. Tempat Wisata Alam ini memiliki keunikan, yaitu Air Terjun yang bertingkat-tingkat atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Tangga Seribu.

Pulau Jemur

Pulau yang termasuk dalam Kabupaten Rokan Hilir ini, memiliki Taman Laut yang Indah dan pemandangan Pantai yang mempesona. Pantainya yang luas menjadi tempat bagi Penyu Hijau untuk menyimpan telur-telurnya disini.

Penyu Hijau merupakan salah satu hewan yang dilindungi dan merupakan endemik sekitar Pulau Jemur.

Leave a Reply

Kategori Potensi Wisata :: Kata Kunci: , , ,suku petalangan riau, 0 Komentar