Peranan Seni Budaya Sebagai Objek Wisata Baru


Seni budaya Sebagai Objek Wisata BaruMengenal dan mengapresiasi kultur seni budaya, sangat memegang peranan melalui  metoda yang efektif untuk menjadikan objek wisata yang baru dalam pemeliharaan seni budaya bangsa. Inovasi berupa kemasan baru dalam seni budaya daerah selain sebagai upaya pelestarian juga akan menjadikan penampilan seni budaya itu sebagai objek wisata baru. Sehingga pembelajaran budaya sejatinya diakomodasi melalui kurikulum sekolah.

Selain itu mayarakat juga banyak terpengaruh oleh kebudayaan  asing. Untuk itu perlu adanya rekonstruksi budaya untuk menciptakan kesatuan budaya dan kultur. “Ini adalah tugas kita bersama, terutama pemerintah daerah. Jika potensi tersebut dapat digarap dengan baik, diharapkan nantinya bisa menarik minat dan menjadi tujuan kunjungan wisatawan.Jika keberadaan seni  budaya itu bisa dikembangkan menjadi objek wisata, otomatis akan mampu meningkatkan kesejahteraan warga melalui upaya ‘menjual’ potensi .

Peranan seni budaya dan para pelaku usaha wisata menjadi sangat penting dan diperlukan dalam membantu upaya mengembangkan keberadaan objek wisata, termasuk membantu mengembangkan kesenian sekaligus mempromosikan keberadaan objek wisata yang ada. salah satu dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat yang mengelola akses budaya agar ke depannya bisa dikembangkan sebagai  tujuan wisata.

Leave a Reply

Kategori Potensi Wisata :: Kata Kunci: , , , , , , , , , , ,0 Komentar