Alasan Memilih Bangka Belitung Menjadi Tujuan Wisata

http://www.arytasman.comSetiap memasuki musim liburan, atau jelang akhir tahun, Anda pasti sibuk merancang tujuan wisata. Jika tujuannya di dalam Negri, pilihannya tidak jauh-jauh dari Bali.

Tapi kini, ada tujuan wisata baru yang patut dicatat dalam agenda liburan anda, yaitu Bangka Belitung. Ya, kepulauan yang dibentuk menjadi Provinsi pada tahun 2000 lalu itu, kini semakin menyedot perhatian Turis Domestik maupun Mancanegara.

Ada dua alasan mendasar mengapa anda patut berlibur kekepulauan Bangka Belitung.

Yang pertama kedua pulau yang dipisahkan Selat Gaspar ini memiliki ratusan Obyek Wisata didominasi Pantai Indah yang belum banyak tersentuh oleh pendatang.

Alasan kedua dari segi biaya, dibanding berwisata ke Bali, ongkos ke Babel relatif lebih ekonomis. Asalkan anda tahu pasti kemana saja tujuan Wisata yang layak dikunjungi, dan jeli memilih akomodasi serta transportasi.

Ada 7  kategori Wisata yang dapat anda jelajahi di Bangka Belitung, mulai dari Wisata Alam, Wisata Sejarah, Reliji hingga Wisata Budaya. Paket lengkap berwisata seperti ini rasanya belum tersaingi oleh Provinsi lain.

1. Wisata Alam

Hampir semua Kabupaten Bangka, Belitung Timur, Belitung, Bangka selatan, Bangka Barat memiliki potensi Wisata Alam menakjubkan, berupa hamparan Pantai Indah, Pulau Eksotis, dan Laut Biru, yang semuanya dapat anda nikmati sesuka hati, gratis!

2. Wisata Sejarah

Sejarah Bangka Belitung tak lepas dari masuknya kekuasaan Melayu, China, Belanda dan perjuangan Bangsa Indonesia di wilayah ini.

Kabupaten Bangka Barat, khususnya Kota Muntok banyak memiliki tempat bersejarah seperti Pesanggrahan Menumbing dan Ranggam, tempat Pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Zaman Revolusi.Bangunan tua dengan Arsitektur Ala Tiongkok, Eropa dan Melayu dapat anda jumpai di seantero kepulauan ini.

3.Wisata Relijius

Wisata relijius ternyata diminati Turis Asing khususnya dari Asia. Tempat ibadah seperti Kelenteng, Vihara, Masjid Jamik, Gereja, Pemakaman Warga Belanda yang telah berusia ratusan tahun diyakini memberi pengaruh Spiritual dan Emosional.Vihara Dewi Kuan Im adalah salah satu yang paling diminati para turis.

4. Wisata AGRO

Durian, Cempedak, Nenas, Jeruk, Salak, itu hanya sebagian dari kekayaan Agrowisata Bangka Belitung. Kabupaten Bangka Selatan terkenal dengan Nenas, Salak, dan Lada Putihnya. Dikabupaten Bangka Barat, sebagian masyarakatnya berkebun Buah Cemppedak, Jeruk, Jepun, Jambu Air, dan Durian.

5.Wisata bahari

Sebagai kepulauan yang dikelilingi lautan, Potensi Bahari tidak diragukan lagi. Kabupaten Belitung dengan Pulau Lengkuas dan Pantai Tanjung Kelayang, merupakan tempat yang paling dicari oleh turis yang menyukai kegiatan Diving, Snorkeling ataupun Memancing. Juga merupakan tempat paling diminati para pehobi Fotografi.

6.Wisata Kuliner

Provinsi Bangka Belitung adalah surga untuk memanjakan lidah, mulai dari minuman Kopi, Aneka Kue Khas, hidangan berbahan dasar Hewan Laut, serta masakan China Halal maupun Non Halal

7. Wisata Budaya

Upacara Adat seperti Kawin Massal, Hikok Helawang, Nganggung, Rebo Kasan, adalah sebagian dari ritual yang merupakan agenda tahunan di hampir semua wilayah. Sepintu sedulang yang artinya kebersamaan, persatuan, dan gotong royong terimplementasikan dalam semua tata cara Tradisional masyarakatnya.