Kawasan Hutan Tropika Dipterocarpus Gunung Palung

http://www.arytasman.comTaman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional ini merupakan satu-satunya kawasan Hutan Tropika Dipterocarpus yang terbaik dan terluas Dikalimantan. Sekitar 65 persen Kawasan masih berupa Hutan Primer yang tidak terganggu aktivitas manusia dan memiliki banyak Komunitas Tumbuhan dan Satwa Liar.

Terletak di Kecamatan Telok Melano dan Kecamatan Sukadana dengan luas sekitar 90.000 ha. Kawasan ini kaya akan Flora dan Fauna, terdiri dari 3.000 jenis Species Flora, sedangkan jenis Faunanya antara lain Bekantan, Orang Utan, Kelimpiau, Siamang, dan berbagai Jenis Burung.

Dikawasan ini juga terdapat Air Terjun, Gua Lama dan sebagainya. Taman Nasional Gunung Palung merupakan salah satu Kawasan Pelestarian Alam yang memiliki Keanekaragaman Hayati bernilai tinggi dan berbagai Tipe Ekosistem, antara lain Hutan Mangrove, Hutan Rawa, Rawa Gambut, Hutan Rawa Air Tawar, Hutan Pamah Tropika, dan Hutan Pegunungan yang selalu ditutupi kabut.

Beberapa Flora yang ada di Taman Nasional Gunung Palung antara lain Bruguiera, Lumnitera, Rhizophora, Sonnerratia, Pulai (Altonia Scolaris), Jelutung (Dyera Lowii), Ramin (Gonystylus Bancanus), Agathis (Agathis Borneensis), Rengas (Melanoorhoea Wallichii), Meranti (Shorea Sp), Keruing (Dipterocarpus Spp) dan banyak Kayu Ulin (Eusideroxylon Zwageri).

Dinyatakan sebagai Taman Nasional oleh Menteri Kehutanan pada 1990 dengan luas + 90.000 ha. Secara Administratif Pemerintahan berada pada 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Sukadana dan Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Dati II Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.