Wisata Danau Laut Tawar Dataran Tinggi Gayo

http://www.arytasman.comDanau Laut Tawar

Adalah sebuah danau dan kawasan wisata di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Nangroe Aceh Darussalam. Suku Gayo menyebutnya dengan Danau Lut Tawar.

Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m3 (2,5 triliun liter).

Danau Laut Tawar menjadi kebanggaan masyarakat Aceh. Ia merupakan obyek wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Danau ini menjadi sumber air yang dimanfaatkan tidak hanya oleh masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah, namun juga oleh masyarakat di kabupaten-kabupaten lainnya.

Dilokasi ini pengunjung dapat melihat masyarakat yang bercocok tanam dan memancing. Suatu aktivitas yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat disekitar danau.

Komoditi unggulan yang ditanam didataran tinggi Gayo antara lain, adalah kopi Gayo (kopi arabika) yang sangat terkenal dijepang, kentang, markisa, tomat, cabe, jagung, dan sayur-sayuran.

Hasil komoditi perkebunan yang cukup terkenal adalah jeruk keprok Gayo dan alpukat. Sebutan laut karena luasnya seperti laut dan sebutan tawar karena airnya tidak asin.

Air tawarnya menyimpan banyak flora dan fauna, salah satu yang paling terkenal ialah ikan depik yang merupakan spesies ikan yang hanya ada di Danau Laut Tawar.

Data

Merupakan objek wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m3 (2,5 triliun liter).