Ambon Kota Wisata Dunia

http://www.arytasman.comKota Ambon

Ambon adalah ibu kota Provinsi Maluku. Pada tahun 2000 berpenduduk sebanyak 206.210 jiwa. Ambon dikenal sebagai kota yang indah, tenang, dan aman, tetapi di tahun 1999 kota ini merupakan ajang pertikaian antara beberapa pihak yang mengatas namakan agama Kristen dan Muslim.

Banyak penduduk mengungsi ketempat lain akibat kejadian ini, namun belakangan upaya rekonsiliasi antara kedua kelompok telah memulihkan kondisi Ambon seperti sedia kala.

Terdapat banyak Suku dan Ras yang mendiami Kota Ambon, diantaranya adalah suku Bangsa Arab, Buton, dan Tionghoa, yang pada mulanya datang untuk berdagang.

Disamping itu terdapat pula Suku Bangsa Minahasa, Jawa dan sebagian besar adalah Suku Alifuru yang merupakan penduduk Asli Maluku.

Dahulu, Kota Ambon termashur keseluruh dunia sebagai tempat tujuan bagi berbagai Kerajaan Eropa yang sedang melakukan eksplorasi.

Kota Ambon memiliki Wisata Bahari yang potensial yaitu wilayah perairan pesisir. Sebagian besar wilayah Kota Ambon dikelilingi perairan dan teluk, seperti Laut Banda, Teluk Ambon, Teluk Dalam, dan Teluk Baguala.

Semuanya dengan kondisi alam pantai, berpanorama indah, baik pesisir pantai, maupun bawah laut yang memiliki beraneka ragam ikan hias dan terumbu karang langka didunia.

Dengan kondisi geografis ini, berbagai paket wisata selayaknya bisa dirancang dan dikembangkan yang meliputi Ekowisata, Wisata Pantai, Wisata Renang dan Selam, bahkan Wisata Kuliner.

Kota yang cukup sibuk ini luasnya hanya  377  km2, sehingga mudah dijangkau wisatawan untuk menikmati pesona keindahan alam dan bahari.

Potensi wisata lainnya adalah bangunan bersejarah, pantai yang indah, dan kuliner khas yang menjadi daya tarik wisatawan mencanegara meupun domestik.

Letak geografis Kota Ambon seperti tapal kuda yang mengelilingi Teluk Ambon. Dengan adanya Pelabuhan Galala, jarak tempuh kepusat kota menjadi lebih singkat, karena melalui jalan pintas menyebrangi Teluk Ambon.

Wilayah kota ini terbagi beberapa populasi. Leitimur, yang lebih dekat dengan pusat kota, mayoritas beragama Kristen, sedangkan Leihitu yang lebih luas, penduduknya mayoritas Muslim.

Destinasi wisata yang terdekat dan dapat ditempuh beberapa jam dari Kota Ambon adalah kepulauan Lease, yaitu Pulau Haruku, Saparua, dan Nasalaut.

 Dan jika waktu liburan anda masih panjang bisa melanjutkan ke Pulau Seram, dan Pulau lainnya.