Agrowisata Salak Pondoh Di Yogyakarta

http://www.arytasman.comSemua orang tahu, Buah Salak paling enak memang Salak Pondoh.

Tapi kalau mau nyicipi Buah Salak langsung dari kebunnya, Agrowisata Salak Pondohlah tempatnya, lokasinya ada dikampung Gadung, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi Kabupaten Sleman, ± 25 km arah utara Yogyakarta.

Tidak kurang dari 17 jenis tanaman Salak bisa dijumpai dikebun ini. mulai Salak Pondoh Super, Salak Pondoh Kuning, Salak Pondoh Hitam, Salak Condet, Salak Manggala, Salak Gading, Salak Bali, Salak Semeru hingga Salak Tanonjaya ada disana.

DATA

  • Lokasi: Kampung Gadung, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi Kabupaten Sleman,
  • Tiket masuk:Rp 3.000, namun bagi pengunjung yang membutuhkan jasa pemandu, cukup bayar tiket seharga Rp.10.000, dan bisa memetik dan mencicipi Buah Salak langsung dari pohonya, plus diberikan penjelasan perihal segala hal tentang Salak.
  • Waktu berkunjung/jam operasional: buka setiap hari, mulai pukul 08.00-16.00
  • Fasilitas yang ada:Gardu pandang, Kolam Pemancingan, Becak Air, Arena Bermain Anak-Anak, Tempat Pertemuan, Jalan Setapak ke Kebun Salak dan Kios Salak Pondoh.
  • Luas: 27 hektar

Akses ke Agrowisata:

  • Kalau mau naik bus, cari Bus rute Yogya-Magelang dan turun sebelum RSU Murangan atau tepatnya didepan SLTP 2 Sleman. habis itu, naik angkutan jurusan Agrowisata dan turun di depan Desa Wisata Salak Pondoh. kamu juga bisa turun di Tempel untuk kemudian naik Angkutan yang menuju perempatan Ngablak. Dari sana kamu naik Angkutan jurusan Agrowisata Salak Pondoh.
  • Harga perkilonya: untuk buah yang ukuran besar-besar Rp.10.000 dan Rp,7.000 untuk ukuran buahnya sedikit kecil
  • Kebersihan dan kenyamanan.

TIPS

1. Biar tidak kecewa, kalau mau mampir kesana, sebaiknya pas musim berbuah, yakni pada bulan Mei-Juni, dan bulan November-Desember. diluar bulan ini, buahnya jarang dan ukurannya kecil-kecil

2. Peraturannya, kamu enggak boleh bawa Buah Salak keluar dari Kebun. Kalau mau bawa pulang, kamu bisa beli atau bilang sama petugasnya. Pas musim buah, diluar pintu masuk Agrowisata juga banyak yang jualan.