Taman Yang Bergaya Inggris di Bogor

http://www.arytasman.comKebun Raya Bogor (KRB)

Keberadaan kebun ini berawal dari keinginan Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jawa pada 1811-1816, untuk membentuk Kebun Istana yang ditempatinya menjadi Taman bergaya Inggris.

Dua penata Taman dari Kebun Raya Kew di London Inggris sengaja didatangkannya. Penata demi penataan pun dilakukan demi mewujudkan impian akan Taman yang Indah.

Barulah pada 1817, lahan seluas 47 ha yang berbatasan dengan Istana Gubernur Belanda itu di tetapkan menjadi Kebun Raya. Reinwardt adalah direktur pertama (1817-1822).

Pada Tahun 1830, Penata Taman dari Belanda Johannes Elias Teysman menjadi Kurator Kebun Raya dan menghabiskan waktu lebih dari 50 tahun untuk mengembangkan Kebun ini.

Bukan cuma tumbuhan besar saja yang ada di KRB, tetapi pepohonan yang kecil dan sedang dengan Bunga-Bunga Indah pun ada. Disana juga terdapat Bunga Arnoldy Raflesia yang kesohor dengan sebutan Bunga Bangkai, ada juga Bunga Fragnant Frangipani yang akarnya selalu keluar dari tanah serta Bunga Lily Jawa yang sudah langka.

Yang tak kalah menarik adalah adanya Pohon besar yang sudah tua dijadikan Rumah Kelelawar begelantungan. kita juga dapat melihat Bajing berloncatan dari Pohon ke Pohon lainnya.

Akses

Pengunjung dari Jakarta dapat menggunakan Bus menuju Terminal Baranangsiang atau Kereta ke Stasiun Bogor. Namun bagi anda yang mengendarai Mobil Pribadi dapat melalui Jalan Tol Jagorawi menuju Bogor, begitu keluar pintu Tol Bogor, melewati Terminal Baranangsiang lalu ke arah Jalan Raya Pajajaran.