Objek Wisata Kalimantan Selatan

Objek Wisata Kalimantan Selatan keindahan potensi wisata di kalimantan selatan secara profesional dapat di lakukan promosi wisata secara lebih intensif.  keberadaan situs ini perlu disurvei lebih lanjut sehingga bisa dimanfaatkan untuk  sebagai salah satu daya tarik wisatawan. Daerah pinggiran kota di kalimantan selatan memiliki pemandangan alam, karena sungainya masih asli dan wisatawan dapat menyusuri sepanjang sungai Martapura dan sungai Barito dengan menggunakan perahu Klotok dan Speedboat.

Tidak jauh dari Kota Martapura terdapat obyek wisata budaya yaitu Desa Kelampayan Kecamatan Astambul, sebuah Makam Ulama besar yaitu Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, penyebar agama Islam di Kalimantan, makam ini banyak dikunjungi peziarah yang datang dari Malaysia dan Brunai Darussalam. Menurut catatan sejarah Martapura merupakan daerah tambang terbesar di dunia. Karena daerah ini pernah ditemukan intan terbesar seberat 20 karat pada tahun 1846, rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 1850 dengan ditemukannya intan yang lebih besar lagi seberat 167,5 karat.

Untuk kegiatan wisata alam ada obyek wisata air panas di kaki bukit yang hijau dimana terdapat sumber air panas yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Di sini terdapat pula kolam okan dan kolam pancing yang selalu ramai di kunjungi masyarakat setempat.