Habitat Bekantan di Pulau Kaget

http://www.arytasman.comPulau Kaget

Pulau Kaget terletak dekat Muara Sungai Barito. Pulau Kaget merupakan Habitat bagi Kera Hidung Panjang (Benkatan) dan beberapa Jenis Burung.

Kawasan Pulau Kaget juga merupakan salah satu Obyek Wisata yang berada di dalam Kawasan Hutan di Kabupaten Barito Kuala. Bekantan atau dalam nama ilmiahnya Nasalis Larvatus Adalah Sejenis Kera Berhidung Panjang dengan sejenis Kera Berhidung Panjang dengan Rambut Berwarna Coklat Kemerahan dan merupakan satu dari Dua Spesies dalam Genus Tunggal kera Nasalis.

Ciri-ciri utama yang membedakan Bekantan dari Kera lainnya adalah Hidung Panjang dan Besar yang hanya ditemukan Dispesies Jantan. Fungsi dari Hidung Besar pada Bekantan Jantan masih tidak jelas.

Namun, ini mungkin disebabkan oleh Seleksi Alam. Kera Betina lebih memilih Jantan dengan Hidung Besar sebagai pasangannya. Kerena hidungnya inilah, Bekantan dikenal juga sebagai Kera Belanda.

Pulau Kaget sudah ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan S.K Menteri Pertanian No.788/Kptsum11/1976 dengan luas 85 ha. Kondisi Alam Pulau ini cukup Kritis karena adanya Penebangan Pohon, khususnya Pohon Rambai Padi yang merupakan Sumber Makanan bagi Bekantan. Bekantan merupakan Maskot Fauna Provinsi Kalimantan Selatan.