Berekreasi Sambil Melestarikan Alam

Berekreasi Sambil Melestarikan Alamkawasan pelestarian alam yang terutama dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi  bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata alam dan penelitian ilmiah, serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan dan hutan. Untuk menjaga  kelestarian hutan sangat bermanpaat bagi keutuhan dan pengembangan kawasan wisata.

Selain itu penjelasan dan pengawasan terhadap pengunjung dilakukan secara efektif sehingga kerusakan terhadap komunitas biota dan ekosistem kawasan dapat dicegah semaksimal mungkin. Dengan kegiatan Eksploitasi hendaknya dapat dilakukan dengan baik dalam usaha mencegah penurunan komunitas biota yang tinggi dan kemusnahan jenis. Pemantauan dapat dilakukan melalui pencacahan jumlah dan jenis ikan yang tertangkap, serta evaluasi komunitas ikan di alam.

Pengembangan ekowisata di dalam kawasan hutan dapat menjamin keutuhan dan kelestarian ekosistem hutan. Sebagai upaya pengembangan potensi wisata alam dan ilmiah serta untuk meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan terutama pada flora dan fauna. Apabila seluruh prinsip ini dilaksanakan maka ekowisata menjamin pembangunan yang ecological friendly dari pembangunan berbasis kerakyatan.