Pemandangan khas di Lereng Puncak Ungaran

Lereng Puncak UngaranMembayangkan seperti apa kondisinya berada di gunung Ungaran sambil menikmati hamparan gunung dan bukitan dalam hijau hitam berselingan, mengeliapkan warna perak pada geliat dedaunan. Kawasan gunung ungaran begitu indah, yang menjulang di latar belakangnya benar-benar membenamkan jiwa dalam keindahan alam tak terkata.

obyek wisata ini terdapat taman bermain dengan berbagai fasilitas pemainan, hutan pinus yang nyaman untuk berekreasi dengan keluarga, ladang-ladang sayuran milik penduduk sekitar, serta bumi perkemahan. Tak jarang pula, pendakian ke puncak Gunung Ungaran juga dimulai dari kompleks ini.

Gunung ini memiliki tiga puncak: Gendol, Botak, dan Ungaran. Puncak tertinggi adalah Ungaran. Berlibur ke tempat ini, selain menambah wawasan budaya juga mampu memberi kesegaran karena panorama dan hawa sejuk yang ada. Karena memiliki sejarah candi yang tua, yang diperkirakan candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Wangsa Syailendra, walau ada versi lain yang menyebutkan dibangun oleh Raja Sanjaya. Menurut fungsinya, diperkirakan candi ini digunakan selain untuk pemujaan juga digunakan untuk pemakaman.