Mengenal keindahan dan Kekayaan Alam Suku Bajo

 keindahan dan Kekayaan Alam Suku BajoMengenal suku bajo yang tiada lain merupakan peralihan suku-suku yang terdapat di pesisir pantai , membuat para wisatawan ingin mengenal lebih jauh bagaimana dan mengapa suku bajo di katakan memiliki keindahan alam dan kekayaan yang tidak terdapat di tempat lain. Bagi masyarakat Bajo, lautan selalu merupakan tempat satu-satunya untuk menetap dan bertemu. Ini sesuai dengan prinsip mereka: “Kami adalah orang-orang laut.” Kelak prinsip itu mengalami dilema, bahkan mendapatkan suatu ‘ancaman’ ketika mereka dihadapkan dengan program pemerintah yang mengharuskan mereka hidup menetap. Jauh dari prinsip mereka sebagai suku pengembara laut.

pada umumnya istilah suku Bajo dipakai untuk orang-orang perahu penyeberang yang berkembang melintasi Laut Cina Selatan. Sehingga nenek moyang dari suku Bajo dikatakan sebagai manusia perahu. Mereka utamanya hidup dari Kepulauan Philipina hingga Pulau Kalimantan, dan dari Sulawesi serta Pulau-pulau Sunda hingga ke Kepulauan Mergui di bagian selatan Myanmar.

Meskipun banyak versi yang menyebutan mengenai asal usul suku Bajo, akan tetapi seluruh versi tersebut membenarkan bahwa suku Bajo merupakan masyarakat nomaden atau suku yang hidup di atas perahu dan seluruh kehidupannya diaplikasikan hanya pada laut.