Kekayaan Teluk Tryton di Kaimana

Kita ketahui bahwa kekayaan alam yang terpendam di berbagai wilayah di Indonesia sangat banyak diantaranya yaitu, sebuah teluk yang berada di kabupaten kaimana yang menyimpan segudang potensi wisata .

Kaimana merupakan kabupaten baru / hasil otonomi daerah yang dahulu bergabung dengan Kabupaten Fak-fak. Berkaitan dengan pemekaran wilayah maka Kaimana merupakan daerah pemekaran yang baru berusia 5 tahun. Luas wilayahnya hampir sebagian besar didominasi oleh hutan dan pegunungan.

Mengetahui di mana letak Kaimana,padahal tempat ini termasuk salah satu kota tua di papua,yang sudah terkenal sejak zaman belanda. Orang belanda  sudah sering mengunjungi Kaimana,salah satu tempat dengan pemandangan senja yang sangat luar biasa.

Keindahan lautnya menyimpan sejuta pesona dan tak akan bosan mata memandangnya. Objek wisatanya adalah Teluk Triton. Dari Kota Kaimana untuk menuju Teluk Triton sangat mudah, hanya memerlukan waktu 1,5 jam. Teluk Triton bukan hanya menarik sebagai wisata bahari, tetapi juga wisata budaya perpaduan budaya lokal dan luar.Teluk Triton ini terkenal dengan soft coral atau karang lunak.

Kekayaan teluk tryton menyimpan sekelompok ikan paus dan lumba-lumba yang  asyik mencari makan dan mereka sangat aktif bermain bersama kelompoknya. Tempat ini dikatakan ‘restorannya’ ikan paus dan lumba–lumba.

Selain ikan, teluk Tryton juga memiliki 27 jenis udang mantis, termasuk 3 spesies baru, 2 di antaranya endemis Kaimana. Hal lain yang menarik adalah, bahwa dalam waktu sekitar 3 hari menyelam, dapat menemukan 16 ekor penyu hijau, dan 14 ekor penyu sisik serta dapat melihat rata-rata 6 penyu bertelur dalam semalam.