Danau Indah di Kaki Gunung Gamalama

http://www.arytasman.comDanau Tolire

Berada dibawah Kaki Gunung Gamalama, Gunung Api tertinggi di Maluku Utara dan terbagi kedalam dua bagian, yakni Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil.

Jarak antara keduanya hanya sekitar 200 meter. Dari kedua Danau ini, yang sering dikunjungi adalah Danau Tolire Besar. Danau Tolire Besar menyerupai Loyang Raksasa, dengan luas sekitar 5 ha dan kedalamannya 50 m.

Menurut masyarakat setempat, Didanau Tolire Besar banyak Harta Karun milik Kesultanan Ternate yang disembunyikan ketika Portugis menjajah Ternate pada abad ke-15.

Pengunjung yang Melempar Batu atau Benda lainnya ke Danau, bagaimana pun kuatnya melempar,tidak akan pernah menyentuh permukaan Danau.

Pengunjung yang tidak percaya, dapat mencoba melempar setelah Membeli Batu yang banyak dijual Dipinggir Danau seharga Rp.1000 untuk lima biji Batu.

Danau Tolire

Namun tidak seorang pun yang lemparannya bisa menyentuh permukaan Air Danau. Masyarakat setempat percaya bahwa Batu yang dilempar tidak menyentuh ke Permukaan Air karena tertahan oleh Kekuatan Gaib dari Dasar Danau.

Menurut Penduduk setempat Kekuatan Gaib diyakini datang dari Buaya Siluman yang ada Didalam Danau. Dilokasi ini Pengunjung juga bisa menikmati Pemandangan Gunung Gamalama yang membentang di hadapan Danau Tolire.

Danau Tolire yang berjarak 10 km dari Pusat Kota Ternate ini terletak Dikecamatan Pulau Ternate, kota Ternate, Maluku Utara.

Catatan

Untuk mengunjungi Danau Tolire Besar dan Tolire Kecil itu, mudah saja. Anda membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Pusat Kota Ternate, dengan menggunakan Mobil Carteran Rp.250.000 perhari, atau Mobil Pribadi.