Simbol Patriotisme Rakyat Gorontalo

http://www.arytasman.comMonumen Nani Wartabone

Monumen ini dibangun pada tahun 1987, terletak tepat di depan Rumah Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo. Nani Wartabone adalah putera asli daerah Gorontalo yang memimpin gerakan patriotisme dalam melawan penjajah.

Perjuangan Rakyat Gorontalo yang dipimpinnya menghasilkan Gorontalo yang merdeka pada tanggal 23 januari 1942, dengan menggulingkan pemerintah Kolonial Belanda, dan berhasil mendirikan pemerintahan yang merdeka.

H.Nani Wartabone adalah Putera Asli daerah Gorontalo, yang telah banyak mengabdikan diri sebagai Pejuang Bangsa dan Negara, dalam Gerakan Patriotisme dalam melawan Penjajah.

Gerakan Patriotisme Rakyat Gorontalo dibawah pimpinan Nani Wartabone, merupakan suatu gerakan yang panjang waktunya melalui kurun waktu dan berbagai macam Siasat dan Strategi Perjuangan, baik yang bersifat Legal maupun Ilegal.

Seluruh perjuangan Rakyat Gorontalo yang bersifat Patriotik itu akhirnya mencapai klimaksnya pada 23 januari 1942, suatu Peristiwa Heroik yang berhasil menggulingkan Pemerintah Kolonial Belanda, dan berhasil mendirikan Pemerintahan yang Merdeka.

Jiwa Patriotik tersebut muncul dan tumbuh terus dimasa kekuasaan Jepang. Bahkan, dibina dan diwariskan kepada generasi yang sedang Mengisi Kemerdekaan ini.