Objek Wisata Taman Putroe Phang

http://www.arytasman.comTaman Putroe Phang

Taman Putroe Phang, terletak di wilayah kompleks Istana Sultan Aceh di Banda Aceh. Taman ini dibuat untuk Sang Permaisuri Sultan Iskandar Muda bernama Putroe Phang yang berarti Putri Pahang, yang berasal dari Pahang, Malaysia.

Ditaman tersebut terdapat sebuah bangunan unik, bernama Gunongan, dibuat menyerupai Bukit-bukit yang menyerupai bukit-bukit yang terletak di Pahang, Malaysia.

Bangunan tersebut dibuat atas permintaan Sang Permaisuri sendiri, yang selalu rindu kampung halamannya, Pahang.

Konon, karena terlalu cintannya sang Sultan kepada istrinya, Sultan memerintahkan pembangunan Gunongan di tengah Medan Khayali (taman Istana) sebagai tanda cintanya.

Ketertarikan Sultan terhadap Permaisuri tak hanya pada kecantikannya saja, aura kecerdasan Putroe Phang juga ikut mengagumkan.

Selain itu, Putroe Phang dinobatkan sebagai penasehat pemerintahan dengan keahliannya membuat hukum tentang Anak Perempuan.

Oleh karena itu, Sultan membangun Gunongan untuk mengobati rindu sang puteri. Hingga saat ini Gunongan masih dapat disaksikan dan dikunjungi.

Data

1. Taman ini dibuat untuk Sang Permaisuri Sultan Iskandar Muda bernama Putroe Phang

2. Ketertarikan Sultan terhadap Permaisuri tak hanya pada kecantikannya saja, aura kecerdasan Putroe Phang juga ikut mengagumkan.

3. Ditaman tersebut terdapat sebuah bangunan unik, bernama Gunongan, dibuat menyerupai bukit-bukit yang terletak di Pahang, Malaysia.

Lokasi

Berlokasi di jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah, kota Banda Aceh

Akses

Lokasinya yang strategis dipusat kota, memudahkan anda segera melancong ke taman PUtroe Phang Aceh.

Bagi anda yang mengendarai kendaraan pribadi, tentu tidak sulit menemukannya, sedangkan bagi anda yang berkendaraan umum, cobalah kendaraan becak motor yang selalu siap mengantarkan ketempat terpenting sejarah Aceh ini.