Keindahan Palembang di Jembatan Ampera dan Sungai Musi

http://www.arytasman.comKota Palembang dibelah oleh Sungai Musi yang memiliki Jembatan bernama Jembatan Ampera. Dalam perayaan Kemerdekaan 17 Agustus dan peringatan Hari Jadi Kota Palembang 17 Juni, acapkali digelar Lomba Bidar Mini yang cukup populer serta pertunjukan air lainnya.

Karena tempatnya tinggi, di pertengahan jembatan itu merupakan tempat yang sangat cocok untuk berfoto dengan latar belakang Sungai Musi dan Rumah-Rumah di seberang Sungai.

Jembatan Ampera dibangun pada 1962-1965, melintasi Sungai Musi dan menghubungkan Palembang bagian Ilir dan Ulu. Sejak 1970-an bagian tengah Jembatan ini sudah tidak bisa diangkat lagi dengan pertimbangan akan menyebabkan kemacetan yang panjang.

Sungai Musi merupakan Sungai Terpanjang dan Terbesar di Provinsi Sumatera Selatan, dengan panjang 406 km. Jarak Kota Palembang sampai Muara Sungai Diselat Bangka ± 106 km.

Untuk menikmati keindahan Sungai Musi, anda dapat menggunakan Getek, Speed Boat atau untuk rombongan dengan jumlah besar. Dari sana juga tampak Benteng Kuto Besak atau Benteng Kota Besar dan tidak jauh dari Tembok Pertahanan ini terlihat juga Masjid Agung.

Dikejauhan juga terlihat Kapal dan Perahu berseliweran di Sungai Musi. Dipinggir Sungai juga tampak Restoran Terapung, tempat orang bisa menikmati Makanan Khas Sumatera Selatan.