Industri Rumah Tradisional Minahasa

http://www.arytasman.comSalah satu pembuatan Rumah Tradisional Minahasa terdapat di desa Woloan kecamatan Tomohon Barat. Desa Woloan berpenduduk 2604 jiwa dengan luas wilayah 256 ha berada pada sekitar 500 m diatas permukaan laut dan beriklim  sejuk.

Mendengar desa Woloan orang akan teringat industri rumah tradisional Minahasa wale weinto’tol yang lebih populer disebut rumah panggung Minahasa.

Rumah oleh orang Minahasa disebut wale atau bale, dulu bahan bangunannya dari bambu dan atap rumbiah (metroxylon rumphiana).

Tiang dari bambu atau balok kayu dan setelah mengenal alat pemotong kayu seperti kapak, gergaji dan lain-lain mulailah digunakan papan atau kayu dan seng sebagai bahan bangunan.

Tipelogi rumah Minahasa dibangun berdasarkan tipe rumah panggung bentuk persegi panjang, atap yang tidak berloteng, tinggi tiang penyanggah 2 hingga 3 meter, terdapat dua tangga rumah yang diletakkan disebelah kiri dan kanan bagian depan rumah dan satu tangga di bagian belakang rumah.

Bagian depan terdapat teras biasanya untuk tempat menerima tamu dan bagian dalam rumah terdapat beberapa kamar tidur, ruang keluarga dan ruang makan.

Sejak tahun 1920 penduduk Minahasa mulai menggunakan bahan bangunan modern seng pengganti atap rumbiah dan semua bagian rumah sudah menggunakan kayu.

Sejak tahun 1980 beberapa penduduk didesa Woloan yang memiliki keterampilan sebagai tukang kayu dengan dana yang ada mereka mulai mengembangkan bisnis penjualan rumah panggung dan ternyata usaha ini mengalami kemajuan dengan pangsa pasar yang semakin luas bukan saja dalam negeri tetapi sampai kemancanegara seperti Eropah, Jepang, Philipina, Australia, Singapura.

Sedangkan dalam negeri selain diminati oleh penduduk lokal juga dari daerah-daerah lain seperti Jakarta, Bali, Kalimantan dan lain-lain.

Dengan banyaknya peminat yang datang kedesa Woloan baik sebagai pembeli atau hanya ingin melihat-lihat proses pembuatan rumah khas Minahasa ini hingga tempat ini kemudian menjadi salah satu objek kunjungan wisata yang ada di wilayah Tomohon.