Ikon Wisata Kota Pontianak

http://www.arytasman.comTUGU KHATULISTIWA

Tugu ini menjadi salah satu Ikon Wisata kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak.

Terletak 3 km dari Pusat Kota Pontianak sebagai tanda bahwa Pontianak dilalui Garis Khatulistiwa (Garis Lintang 0) sehingga setiap tanggal 2 s.d 23 Maret dan 21 s.d 23 September setiap tahunnya pada tengah hari (Waktu Dhuhur), Tugu dan Benda disekitarnya tidak Berbayang (Matahari tepat berada pada Titik Kulminasi).

Tugu Khatulistiwa dibangun pada tahun 1928. Bangunan Tugu terdiri dari 4 buah Tonggak Kayu Belian (Kayu Besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan Ketinggian Tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat Lingkaran dan Anak Panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.

Diameter Lingkaran yang tengahnya terdapat tulisan EVENAAR sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter. tulisan plat dibawah anak panah tertera 1090 20′ OLvGr menunjukkan letak berdirinya Tugu Khatulistiwa pada Garis Bujur Timur.

Sejarah mengenai Pembangunan Tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat didalam gedung. Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya Titik Kulminasi Matahari, yakni Fenomena Alam ketika Matahari tepat berada di Garis Khatulistiwa. Pada Peristiwa Kulminasi tersebut, bayangan Tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa Sinar Matahari.