Berkunjung Ke Masjid Raya Baiturrahman Aceh

http://www.arytasman.comMasjid Raya Baiturrahman adalah sebuah Masjid yang berada dipusat Banda Aceh. Masjid ini dahulunya merupakan Masjid Kesultanan Aceh.

Sewaktu Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873, Masjid ini dibakar. Kemudian pada tahun 1875 Belanda membangun kembali sebuah Masjid sebagai penggantinya.

Masjid yang menempati area kurang lebih empat hektar ini bearsitektur indah dan unik, memiliki tujuh kubah, empat menara, dan satu menara induk.

Ruangan dalam berlantai marmer buatan Italia, luasnya mencapai 4.760m2 dan dapat menampung hingga 9000 jamaah.
Dihalaman depan Masjid terdapat sebuah kolam besar, rerumputan yang tertata rapi dengan tanaman hias dan pohon kelapa.

Peristiwa sejarah terakhir adalah terjadinya bencana tsunami 26 desember 2004. Ketinggian dan derasnya air tsunami hingga dua meter yang hampir menggenangi ruangan Masjid Raya, menjadi saksi sejarah bagi kebanyakan orang yang selamat ketika berlindung di Masjid Raya.

Setelah air tsunami surut, didalam Masjid Raya dijadikan tempat meletakkan ribuan jenazah korban tsunami.

Data
1. Masjid ini dahulu merupakan Masjid Kesultanan Aceh
2. Masjid ini bararsitektur indah dan unik, memiliki tujuh kubah, empat menara, dan satu menara induk
3. Saat terjadinya bencana tsunami 26 desember 2004, ketinggian dan derasnya air tsunami hingga 2 meter yang hampir menggenangi ruangan dalam Masjid Raya

Lokasi
Berlokasi di pusat ibukota Banda Aceh, jalan Masjid Raya Baiturrahman, kota Banda Aceh

Akses
Karena lokasinya di tengah Banda Aceh, anda dapat menjangkau tempat ini dengan banyak kendaraan yang tersedia, seperti Becak Motor dan Labi-Labi