Letak Sungai Mamberamo Serta Kabupaten Atau Kota Yang Dilewati

Jika Anda search sungai-sungai yang ada di Indonesia, maka Anda menemukan sungai mamberamo merupakan sungai terpanjang ke6 di Indonesia dan sungai terbesar yang ada di Daerah Papua. Sungai Mamberamo merupakan sungai terpanjang di Indonesia yaitu ± 670 km dan lebar 175-800 meter.

Letak Sungai Mamberamo Serta Kabupaten Atau Kota Yang DilewatiSebetulnya Provinsi Papua memiliki sungai yang terbagi dalam 18 Daerah Aliran Sungai, yang tersebar di 29 Kabupaten/ Kota. Salah satunya adalah DAS Mamberamo yang merupakan DAS Prioritas I yang diklasifikasikan sebagai DAS kritis dan diprioritaskan untuk ditangani secara terpadu.

DAS Mamberamo memiliki cakupan wilayah terbesar seluas ± 9.464.922 ha, meliputi 9 wilayah kabupaten, yaitu : Jayapura, Keero, Sarmi, Waropen, Puncak Jaya, Jayawijaya, Tolikara, Yahukimo dan Pegunungan Bintang.

Sungai Mamberamo yang merupakan sungai terpanjang yaitu ± 670 km dan lebar 175-800 meter. Terdapat pula beberapa sungai besar lainnya seperti Sungai Waipoga, Beraur, Warsamsan, Maturi, Maro, Mimika, Lorenz, Kaibus Karabra dan lainnya.

Sungai ini terdapat disekitar Komplek pegunungan Foja-Gautier yang belum terjamah dan merupakan pegunungan tertinggi di daerah ini (2.193 m dpl) yang membentuk bagian tengah dari Suaka Margasatwa Mamberamo Foja.

Daerah aliran sungai (DAS) Mamberamo merupakan suatu bentangan alam yang menyerupai cekungan besar dibatasi oleh dinding patahan dengan lereng terjal. Sistem sungai yang utama adalah sungai Mamberamo yang dibentuk oleh dua anak sungai utama yaitu: Sungai Tariku (Sungai Idenburg) dan Sungai Taritatu (Sungai Rouffaer).
Sungai Mamberamo mengalir dari arah selatan menuju ke utara dan bermuara di Samudera Pasifik.

Spesies Flora dan Fauna

Didaerah ini terdapat Suaka Margasatwa diantaranya adalah :

  • Terdapat sekitar 332 jenis spesies burung, seperti : burung kakatua, kasturi, namdur dan burung dewata.
  • Buaya Mamberamo yang termasuk dalam jenis buaya Muara yang banyak hidup di sungai dan di laut dekat muara.
  • Katak unik berhidung pinokio (Litoria sp nov)
  • Kupu-kupu hitam-putih
  • Spesimen kelelawar kembang baru (Syconycteris sp nov)
  • Tikus pohon kecil (Pogonomys sp nov)
  • Semak belukar berbunga (Ardisia hymenandroides)
  • Walabi kecil (Dorcopsulus sp.nov)
  • Pergam atau merpati kaisar (Ducula sp.nov) yang ditemukan di Pegunungan Foja.

Data-data diatas kami dapat dari berbagai sumber.