Kota yang Dilewati Sungai Barito dan Sungai Digul

Ada sejumlah daerah dan kota yang dilewati oleh aliran Sungai Barito dan Sungai Digul. Untuk keterangan yang lebih jelas, silahkan simak penjelasan berikut ini.

SUNGAI BARITO

Sungai Barito dikenal dengan berbagai nama, seperti Sungai Banjarmasin, Sungai Dusun, Sungai Banjar Besar dan sebagainya. Sungai Barito merupakan sungai yang terbesar dan terpanjang di Kalimantan Selatan.

Hulu sungai Barito berada di pegunungan Schwaner, membujur dari wilayah Kalimantan Tengah di bagian utara Pulau Kalimantan hingga bermuara di Laut Jawa, sepanjang kurang lebih 1.000 kilometer.

Lebar Sungai Barito rata-rata antara 650 hingga 800 meter dengan kedalaman rata-rata 8 meter. Karena begitu lebarnya, maka Sungai Barito juga dikenal sebagai sungai terlebar di Indonesia. Hulu Sungai Barito berada di daerah Kalimantan Tengah, sedangkan muaranya berada di wilayah Kalimantan Selatan.

Jadi Sungai Barito melintasi sebagian wilayah kota Banjarmasin dan area Kabpuaten Barito Kuala di Kalimantan Selatan dan 4 daerah kabupaten di Kalimantan Tengah, yaitu Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya.

SUNGAI DIGUL

Sungai Digul adalah salah satu sungai terbesar di Irian Jaya, mengalir dan bermuara di pantai Digul perairan Laut Arafura. Perairan ini merupakan badan air terakhir dari sungai-sungai yang mengalir ke sebelah Barat Irian Jaya.

Sungai Digul berasal dari selatan Pegunungan Sterren di bagian timur tengah Papua. Sungai ini mengalir dari wilayah selatan dan barat hingga ke Laut Arafura. Sungai ini juga dikenal sebagai Tanah Merah.

Sungai Digul berada di wilayah Kabupaten Boven Digoel, Papua.