Pesona Danau Kerinci

http://www.arytasman.comDanau Kerinci merupakan Danau Vulkanik (luas 4.200 ha, kedalaman 110 meter), ketinggian 783 meter di atas permukaan laut. Danau tersebut berada di daerah paling selatan dengan keliling sepanjang 70 km. Secara Administratif, Kawasan Danau termasuk dalam Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau.

Fungsi lain Danau Kerinci adalah tempat tampungan sumber daya air di Kabupaten Kerinci dan Provinsi Jambi, mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam menyuplai kebutuhan air didaerah sekitar Kerinci, baik untuk Pertanian maupun kebutuhan Air Minum Masyarakat, dan oleh Pemerintah Daerah Danau Kerinci dijadikan tujuan Wisata Utama.

Kawasan Keliling Danau menjadi tempat Rekreasi Air yang menarik, seperti Memancing, Berenang, Tempat Perkemahan, dan berbagai aktivitas lain seperti, menyantap Makanan Khas Danau yang tersedia di Restoran-Restoran di sekitarnya, juga merupakan tempat berkumpulnya Burung Belibis dan tempat minum berbagai jenis satwa.

Dalam Kesejarahan Purbakala terkenal situs Danau Kerinci peninggalan Masyarakat Danau dari Tradisi “Flakes Culture” yang berasal dari 3.000 – 5.000 tahun S.M, terdapat di Desa Muak, Pondok dan Koto Agung Jujun yang sering dikunjungi oleh Turis peneliti dari Belanda, Inggris, Jerman, Swiss, dan Amerika.