Obyek Wisata Alam Pegunungan Maluku

http://www.arytasman.comTaman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela merupakan perwakilan Tipe Ekosistem Pantai, Hutan Rawa, Hutan Hujan Dataran Rendah dan Hutan Hujan Pegunungan di Maluku.

Tipe Vegetasi yang terdapat ditaman Nasional ini yaitu Mangrove, Pantai, Hutan Rawa, Tebing Sungai, Hutan Hujan Tropika Pamah, Hutan Pegunungan, dan Hutan Sub Alpin.

Berada di lokasi: Pulau Seram Kecamatan Wahai Kabupaten Maluku Tengah. Taman Nasional Manusela dikenal sebagai Obyek Wisata Alam dengan daya tarik tersendiri dengan Pemandangan Alam yang Indah dan menarik serta Topografi berbukit-bukit di antaranya Tepi Markele, Lembah Manusela, Tepi Kobipoto, Dataran Mual sebelah utara dan Lembah Wae Kawa di sebelah selatan.

Taman ini merupakan Taman Tertua di Indonesia dengan luas 189.500 ha. Kaya dengan Flora dan Fauna yang langka khususnya untuk Fauna.

Secara alamiah hidup Ribuan Satwa yang sebagian besar tergolong langka. Pada tahun 1990 Tim Peneliti dari Association For Research Exploration and Ltd Inggris menemukan sejenis Tikus Bergantung (Bandicot), Satwa Langka ini merupakan satu-satunya didunia yang masih ada di Taman nasIonal Manusela.

Selain itu, Taman Nasional Manusela dapat dimanfaatkan sebagai Sarana/Tempat Penelitian Lapangan karena Keaneka Ragaman Flora dan Fauna Langka dan Endemik, Penelitian Farmasi (Jenis Tanaman Obat-Obatan) serta Penelitian Jenis Tanaman yang merupakan Makanan Alternatif bagi masyarakat.