Panorama Alam Gunung Rinjani

Terkenal di duniaIndahnya panorama alam gunung Rinjani memiliki panaroma paling bagus diantara gunung2 di Indonesia. Hal ini di akibatkan jumlah wisatawan  meningkat dari tahun ke tahun. Tempat yang sering dikunjungi adalah Segara Anakan, sebuah danau kawah di ketinggian 2.000 mdpl. Masyarakat menyebutnya segara/laut karena warna air danau ini adalah biru seperti laut. Danau ini terletak di ketinggian 2800 M, terdapat banyak ikan maupun flora fauna lainnya. Ikan-ikan yang banyak terdapat di danau ini adalah ikan mas, mujair dan ikan harper.
Penduduk Lombok mempunyai tradisi berkunjung ke segara anakan untuk berendam di kolam air panas dan mancing. Di tempat ini pemandangan ke arah danau, maupun ke arah luar sangat bagus.
Gunung Rinjani menyimpan sejumlah misteri. Salah satu misteri terbesarnya adalah  Dewi Anjani. Karena itulah sampai saat ini masyarakat suku Sasak dan Hindu Dharma di pulau Lombok sering melakukan ritual Mulang Pekelem yaitu ritual memohon hujan kepada Dewi Anjani dengan memberikan sesembahan berupa lempengan emas yang berbentuk segala macam mahkluk air dengan cara ditenggelamkan ke danau Segara Anak.