Keindahan Laut Yang Unik di Tobelo

Tobelo merupakan salah satu kota terbesar di Halmahera utara, yang mempunyai 59 wisata unggulan dan termasuk 49 titik diving yang tersebar di sepanjang perairan Halmahera utara. Pulau terbesar di maluku ini, memang di berkahi alam yang begitu kaya. Laut di depan mata , gunung yang mendekap, dan beragam vegetasi alami, tumbuh dengan lebatnya seolah melindungi dari terik matahari.

Yang jadi idola adalah UnderWater Volcano di Pulau sosopa. Airnya bisa mencapai sekitar 34 derajat celcius. Sehingga 78 persen dari wilayah ini merupakan lautan dengan panorama bawah laut yang unik. Tak heran jika para penyelam pun bisa bertemu dengan Barakuda, lumba-lumba, udang, kuda laut, nemo, lion fish, dan masih banyak lagi di sekitar perairan Halmahera utara.

Menyusuri daratan dari utara hingga selatan, selanjutnya menjadi Island Hoppers alias melompat dari satu pulau ke pulau lain yang tak kalah mengasyikkan. Tobelo dalam bahasa setempat berarti menambatkan, namun ia memang layak menyandang nama itu. Setidaknya, ia telah berhasil membuat hati banyak pendatang tertambat di sana, menyesapkan rindu untuk menjenguknya sekali lagi.