Kawasan Perlindungan Alam Aopa Watumohai

http://www.arytasman.comTaman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Merupakan suatu Kawasan Perlindungan Pelestarian Alam yang dibentuk oleh 4 (empat) Tipe Ekosistem, yakni Savanah yang diselingi oleh Hutan Dataran Rendah, Hutan Pegunungan, Rawa, dan Hutan Bakau.

Taman ini dihuni oleh beraneka Ragam Flora Fauna Spesifik dan Endemic, Panorama Alam yang indah berupa konfigurasi berbagai tajuk Flora, atraksi menarik berbagai Fauna yang mendiami Belantara Hutan Tropis dan Kondisi Alam yang cukup menantang, adalah deretan alasan bagi para penikmat Petualangan dan Peneliti Ilmiah untuk menelusuri Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Taman ini merupakan perwakilan Tipe Ekosistem Hutan Hujan Pegunungan Rendah, Hutan Bakau, Hutan Pantai, Savana, dan Hutan Rawa Air Tawar di Sulawesi.

Vegetasi Savana di Taman Nasional ini memiliki ciri khas dan keunikan, karena merupakan asosiasi antara Padang Rumput dengan Tumbuhan Agel, Lontar dan Bambu Duri serta Semak Belukar, juga tumbuhan di sepanjang Sungai-Sungai yang mengalir dipadang Savana tersebut.

Keaneka ragaman Tumbuhan didalam kawasan ini sangat menonjol yaitu setidaknya tercatat 89 Famili, 257 Genus, dan 323 Spesies Tumbuhan, diantaranya Lara (metrosideros petiolata), sisio (Cratoxylum formosum), kalapi (callicarpa celebica), tongke (Bruguiera Gimnorrhiza), Lontar (Borassus Flabellifer), dan Bunga Teratai (Victoria Sp,).

kawasan ini juga menjadi habitat berbagai Jenis Burung, tercatat 155 Jenis Burung ada didalamnya, 32 jenis di antaranya Tergolong Langka dan 37 jenis Tergolong Endemik.